Hari/Tanggal : Senin, 08 Juni 2009
Waktu : 13.00 WIB
Tempat : Ruang P2PU Balai PKTK SDA
Perihal : Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan SKKNI

Hadir dalam Rapat :
1. Ir. Seti Wasito, Sp.1
2. Hendro Widodo, ST, MT
3. Herry Kurniawan, ST
4. Konsultan MBT

LATAR BELAKANG
Rapat dilaksanakan untuk membahas tindak lanjut pekerjaan Fasilitasi SKKNI Keahlian Konstruksi setelah Laporan Pendahuluan.

AGENDA
1. Membahas Laporan Pendahuluan (ada koreksi-koreksi redaksi dan substansi serta koreksi schedule pelaksanaan pekerjaan)
2. Membahas Narasumber dari Asosiasi untuk kegiatan Pra Konvensi, Konvensi dan Draft I, masing-masing usulan untuk jabatan kerja dan bidangnya yang belum ada dan perlu dikembangkan adalah sebagai berikut:
 Ahli Pengawasan Pelaksanaan Penanganan Pantai ( Ir. Samsudin – PUSAIR )
 Ahli Pemeriksa Jembatan ( Ir. Lany – BM )
Untuk konvensi
 Ahli Perencanaan Tenaga Air untuk Pembangkit Listrik
 Ahli Pemeliharaan Jembatan
Untuk Draft I
 Ahli Jaminan Kualitas Jalan
 Usulan dari HATHI Ahli Drainase telah di Para konvensikan oleh Dirjen Cipta Karya, sehingga ada usulan untuk Ahli Muda Drainase Lahan (masih menunggu konfirmasi dari HATHI)
 Ahli Muda Perencana Jalan Kereta Api (usulan AFKA) (4 Narasumber yang diusulkan tetapi sesuai dengan MM hanya 2 Narasumber)
 Ahli muda Perncana Konstruksi Beton Pracetak Bangunan Gedung ( usulan dari IAPPI )
3. Membahas Schedule, sebagai tindak lanjut setelah Laporan Pendahuluan Selesai, jadwal mendesak yang harus segera dilakukan adalah :
Antara tanggal 15 – 20 Juni Pertemuan dengan Narasumber (tempat disesuaikan apabila banyak yang dari Jakarta maka tempat penyelenggaraan di Jakarta)

KESIMPULAN
1. Konsultan agar segara memastikan narasumber – narasumber yang akan terlibat di Pra Konvensi dan Konvensi, sehingga Konsultan harus pro aktif untuk melakukan pendekatan dan kepastian kesediaannya.
2. Tempat penyelenggaraan untuk rapat dengan narasumber sebagai persiapan prakonvensi dan konvensi ditentukan oleh Konsultan diantara tgl 15-20 Juni 2009, apabila banyak yang berasal dari Jakarta maka tempat penyelanggaraan di Jakarta, dengan mengundang PUSBIKTEK
3. Untuk Kegiatan penyusunan Draft I Konsultan harus lebih pro aktif untuk menulis materi-materinya,

Bandung, Juni 2009

Yang Membuat Laporan,

Hendro Widodo, ST, MT

Hery Kurniawan, ST